Menjahit masa depan dengan merangkul masa lalu

 




Pendahuluan 

Sebagai seorang individu yang baru mengalami 19 tahun kehidupan, dengan berbagai jenis pembelajaran dan tantangan. Perjalanan unik yang menghubungkan masa depan saya tanpa lupa merangkul masa lalu.

Dalam essay ini, saya akan berbagi tentang siapa saya, hobi-hobi yang saya gemari, perjalanan hidup saya dari masa kecil hingga masa SMA, serta tujuan dan keinginan yang ingin saya capai sebagai seorang mahasiswa.Melalui ini, saya akan sedikit menggambarkan bagaimana masa lalu yang saya rangkul mampu membantu saya untuk menjahit masa depan, serta langkah demi langkah yang saya ambil demi perwujudan tujuan saya di masa depan.


AUTOBIOGRAFI SINGKAT


Nama saya Alifiah Maulidafi, lahir tanggal 13 April 2005, di kota Mojokerto, Jawa Timur, berzodiak aries, MBTI ENTJ, anak tunggal yang ingin punya kakak. Sejak masih kecil saya memang orang yang suka berbicara tapi energi dalam diri saya cepat sekali habis. Saya lahir di Mojokerto, tepatnya di Rumah Sakit Kartini Mojokerto. Namun, saya besar di Kota Surabaya. Saat usia 5 tahun, saya suka sekali bersepeda di sekitar tempat tinggal nenek,karena dulu saya belum lancar bersepeda. kesana kemari mengayuh sepeda milik kakek saya. Selain itu, ayah saya mulai mengenalkan saya pada buku. Majalah bobo adalah bacaan pertama yang mengantarkan saya pada hobi membaca dan buku bergambar kosong yang saya beri warna juga membuat saya menyukai warna. Dalam perjalanan hidup saya, saya telah belajar banyak dari berbagai pengalaman yang diberikan oleh ayah dan ibu saya perihal membentuk karakter dan pandangan hidup saya kedepannya, serta cara menghadapi sebuah pilihan.



Masa Kecil hingga SMP


Masa kecil saya habiskan dengan teman-teman dan keluarga. Dari saya taman kanak-kanak saya sudah tertarik dengan baca buku dan mewarna. Saat usia saya 5 tahun, ayah memberikan hadiah ulang tahun yakni buku paket IPA kelas 2 Sekolah Dasar. Ayah meninggal saya membaca pada awalnya, namun saya terlalu penasaran dengan soal soal yang ada. Kata ayah, jawabannya ada di dalam bacaan. Oleh sebab itu hobi membaca saya di mulai dari sana, walaupun sekarang saya lebih sering membaca buku novel. Cerita tentang kemenangan pertama saya di hobi mewarna saya adalah saat perlombaan mewarnai di Taman Remaja Surabaya, saat itu saya merasa bahwa sepertinya saya bukan orang yang berbakat dalam bidang tersebut, mengingat bahwa saya sendiri termasuk orang yang ingin hasil yang memuaskan. Ibu saya ada di samping saya mendukung saya dan membuat saya yakin bahwa saya bisa. Saat juara tersebut di umumkan dimana hal itu membuat hati saya gembira sekali karena walaupun bukan juara 1 , Ibu saya tetap bangga dan mendukung saya. Memasuki masa sekolah dasar, saya mencoba mengasah jiwa kepemimpinan saya.Bergabung dalam Pramuka penggalang dan berhasil menjadi dewan galang, memliki pangkat penggalang terap dan memiliki beberapa pin kegiatan. Beberapa berpartisipasi dalam event kepramukaan seperti jambore dan jelajah santri serta beberapa kali menjadi pinru ( pemimpin regu ) dalam kegiatan perkemahan. Pengasahan jiwa kepemimpinan berlanjut hingga SMP. Namun, berbeda dengan sebelumnya kali ini, saya bergabung pada tim paskibra dan berhasil menjadi anggota tim inti sebagai bendahara serta mengikuti perlombaan paskibra walaupun belum berhasil menjadi juara. Bersekolah di sekolah yang memiliki penghargaan adiwiyata tingkat mandiri, juga membuat saya tergabung di program Kader lingkungan dan berhasil membuat program pengasrian taman sekolah.


Masa SMA


Tantangan dan pengalaman terbesar dari perjalanan sosial, akademik dimulai. Saya bergabung kembali di paskibra dan kepramukaan dalam satu waktu. Berperan sebagai pihak tengah kala 2 keanggotaan tidak dalam kondisi, tentulah tidak mudah. Pada saat kedua organisasi bertentangan, saya berperan sebagai penengah tetapi tidak memihak salah satunya. Sebagai anggota paskibra, setiap hari senin saya bertugas melaksanakan upacara. Selain itu, saya juga mulai membuat rancang rencana masa depan dan membuat to do list. Keberhasilan dalam masa jabatan saat menjadi kepala divisi inventaris kepaskibraan yang tidak membuat sengsara angkatan selanjutnya berhasil saya dan rekan tim inti wujudkan dan sebagai pemangku adat putri ambalan saya berperan sebagai penasehat dan menengahi diskusi rutin setiap 2 kali seminggu. Menjadikan jiwa kepemimpinan saya terlatih di dalamnya. Nilai akademik yang memuaskan juga saya capai tanpa mengesampingkan tanggung jawab terhadap posisi saya di organisasi. Walaupun, belum mampu menembus salah satu rancang rencana yang telah dibuat. Perasaan kecewa pasti adanya, namun masih banyak peluang dan jalan yang menuntun saya mewujudkan cita dan harapan, baik harapan saya maupun kedua orangtua. Hingga akhirnya saya di terima di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.


Tujuan dan Keinginan Sebagai Mahasiswa 


Saat ini, saya telah menjadi calon mahasiswa di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, program studio S1 Keperawatan . Tujuan utama saya adalah lulus tepat waktu dengan nilai memuaskan dan membayar seluruh kerja keras orang tua saya. Dalam hal ini, pihak yang selalu ingin saya banggakan adalah kedua orang tua saya, tanpa usaha,doa,dan restu keduanya tidak mungkin rasanya saya bisa mencapai jenjang pendidikan ini. Selain itu, saya juga ingin mengembangkan keterampilan komunikasi guna memperluas relasi, berkontribusi dalam kegiatan kesejahteraan sosial,serta banyak berpartisipasi dalam organisasi yang menyokong karier saya dan mempersiapkan diri untuk rancang rencana masa depan saya.


Cara Mencapai Tujuan

Untuk mencapai rencana tersebut, saya telah membuat beberapa rancang rencana :

1. Mengikuti perkuliahan dengan serius : saya berkomitmen untuk menghadiri setiap mata kuliah, aktif dalam diskusi, dan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.

2. Aktif dalam Organisasi Mahasiswa 

bergabung dengan kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat saya, seperti HIMA untuk memperluas relasi dan mendapatkan pengalaman.

3. Mengikuti pelatihan dan Workshop 

Saya akan mencari kesempatan untuk mengikuti pelatihan, seminar, dan workshop yang dapat meningkatkan keterampilan saya.

4. Magang atau part time

Saya berencana untuk mencari peluang magang, selain untuk meningkatkan relasi juga untuk melatih kemandirian dan kemampuan saya

5. Belajar mandiri dan melakukan riset

saya akan lebih banyak membaca bacaan yang relevan dengan program studi saya, serta melakukan riset dalam bidang yang saya minati.

6. Berkonsultasi dengan dosen dan mentor

Memanfaatkan bimbingan dari dosen dan mentor untuk mendapatkan saran dan arahan dalam pengembangan akademik dan karier.


Kesimpulan 

Perjalanan hidup saya dari masa lalu hingga masa kini penuh dengan berbagai pengalaman yang membentuk siapa saya hari ini. Dengan keyakinan dan keinginan yang mendalam serta perencanaan yang matang, saya yakin bahwa saya dapat mencapai tujuan dan keinginan yang telah saya tetapkan sebagai seorang mahasiswa nantinya. Masa lalu memberikan pelajaran yang amat berharga, sementara masa depan memberikan harapan dan tantangan baru yang siap saya hadapi dengan semangat dan doa. Melalui langkah-langkah yang telah direncanakan, saya berkomitmen untuk meraih impian dan berkontri

busi bagi masyarakat di masa depan.

Komentar

Postingan Populer